Tips Mencegah Penyakit Jantung Koroner

loading...
Google Image: palembang.tribunnews.com
Penyakit jantung koroner merupakan salah satu dari sekian banyak penyakit yang sangat mematikan. Penyakit jantung koroner adalah penyakit bisa terjadi apabila terjadi penyumbatan arteri koroner oleh suatu endapan, bisa endapan lemak yang disebut aterosklerosis. Dimana arteri koroner merupakan arteri pemasok darah pada dada. Bila terjadi penyumbatan pada arteri koroner, dada akan merasa sesak dan menjadikan nyeri dada yang disebut angina. Nyeri dada pada penyakit jantung koroner sangat mematikan dan sanggup menyerang kapan saja, termasuk saat sedang beristirahat.

Selain itu, penyakit jantung koroner, juga sanggup menjadikan melemahnya kemampuan jantung dalam memompa darah. Dan akhirnya, darah tidak terpompa sempurna ke seluruh tubuh, sehingga tubuh akan mengalami keadaan gagal jantung. Gagal jantung menjadikan keadaan sulit bernafas, hal ini disebabkan keadaan dimana paru- paru dipenuhi cairan. Dan pada stadium selanjutnya akan mengalami pembengkakan pada persendian dan penderita akan cepat merasa lelah saat melakukan aktivitas.

Tetapi, banyak hal yang sanggup kita lakukan untuk mencegah penyakit yang sangat berbahaya ini. Dan berikut ini, saya akan membagikan tips kepada anda semua biar anda bisa tetap menikmati hidup sehat dan tidak menjadi korban selanjutnya dari penyakit mematikan ini.Berikut tips mencegah penyakit jantung koroner.

1. Lakukan relaksasi pada jantung.

Santaikan pikiran dan jantung anda dan usahakan lakukan kegiatan ini secara teratur. Hal ini bertujuan untuk mengurangi tekanan darah yang terlalu tinggi dan juga hormon stres atau hormon kortisol.Produksi hormon kortisol yang berlebihan pada tubuh sanggup menjadikan malapetaka pada jantung dan sistem kardiovaskular.

2. Berjalan kaki atau Jogging di pagi hari.

Tidak sanggup dipungkiri jikalau olahraga ini sanggup menyehatkan jantung dan mengurangi risiko serangan-serangan penyakit jantung koroner. Karena dengan kita berolahraga jogging di pagi hari, tubuh kita akan bergerak dan hal ini sanggup memicu fatwa darah yang lancar serta sistem pernapasan kita akan sanggup melakukan inspirasi atau pemasukan udara yang segar, karena pada pagi hari, udara masih belum tercemari oleh berbagai udara kotor dan substansi kimia lainnya. Hal ini sanggup anda lakukan dengan berjalan cepat sejauh 2-3 km. Tujuannya biar sanggup menguatkan pernapasan dan jantung anda, sehingga sanggup memperlancar sistem kardiovaskular.

3. Berhenti merokok

Nah kebiasaan inilah yang saat ini sedang menjangkit pemuda- perjaka di Indonesia. Awalnya mereka hanya dipengaruhi dengan istilah coba- coba tetapi lama- lama menjadi kebiasaan merokok. Rokok sangat banyak mengandung substansi kimia berbahaya dan yang paling populer adalah zat nikotin dan asam tar. Jika kedua substansi ini dibakar dan dihisap, maka akan menjadikan kerusakan serius pada arteri koroner. Jika anda adalah salah satu perokok, mari sedikit- sedikit hilangkan kebiasaan ini. Atau minimal jikalau anda berat untuk meninggalkannya, kurangi jumlah rokok yang anda konsumsi.

4. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi kopi.

Kopi memang memiliki aroma yang khas dan menjadikan cita rasa bagi penikmatnya. Tetapi sebaiknya anda membatasi dalam menikmati minuman yang satu ini. Karena kopi mengandung suatu senyawa metabolit yaitu kafein yang sanggup memacu tak bisa tidur dan menjadikan manusia memiliki emosi yang tinggi sehingga akan memicu produksi kortisol atau hormon stres yang berlebihan dan akan menimbulkan penyakit jantung koroner.

5. Hentikan Mengonsumsi masakan cepat saji.

Makanan cepat saji mengandung banyak substansi kimia yang berbahaya bagi tubuh, substansi itu antara lain lemak jenuh, garam, bahan pengawet, gula, dan penguat rasa. Selain itu, masakan cepat saji juga sanggup menjadikan penyakit kronis lainnya dan juga obesitas bagi yang mengonsumsi terlalu banyak.

Nah itulah beberapa tips sederhana tenyang mulai sekarang sanggup anda terapkan biar mengurangi risiko serangan jantung koroner. Terimakasih telah membaca artikel saya dan biar artikel ini bermanfaat bagi anda para pembaca yang terhormat. Jika ada kritik atau saran ihwal blog ini silahkan isi pada kolom komentar atau sanggup anda kirim via contact us di atas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mencegah Penyakit Jantung Koroner"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *