Cara Menjaga Kesehatan Mata Di Depan Komputer

loading...
Google Image: berita360.com
Apakah anda sering bekerja dan menghabiskan waktu di depan layar komputer atau laptop? Sebaiknya anda berhati- hati dan memperhatikan kesehatan mata anda di depan komputer. Mata merupakan alat indra yang berfungsi untuk memvisualkan suatu benda kalau benda terkena cahaya. Mata juga merupakan alat indra yang sangat sensitif terhadap sinar, baik sinar matahari, lampu, atau sinar radiasi laptop atau komputer.

Di masa yang modern ini sekarang masyarakat sudah sangat dimanjakan oleh gadget salah satunya komputer atau laptop. Hingga kalau sudah terlanjur duduk di depan laptop sambil melakukan banyak sekali program antara lain main games, surfing internet, mengerjakan tugas, atau bekerja yang hingga menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar.

Harap bagi anda yang sering melakukan kegiatan di depan laptop atau komputer perhatikan kesehatan mata anda. Karena layar laptop atau komputer sangat banyak menjadikan tanggapan buruk bagi mata.

Jika anda berlama- lama di depan laptop maka pada awal- awal tidak akan merasakan gejala awal. Tetapi kalau anda sering setiap hari pasti menghadapi laptop maka lama kelamaan pasti mata anda akan merasa gatal. Selain itu mata anda akan cepat merasa lelah dan kering alasannya yaitu ialah tanggapan dari radiasi layar itu sendiri. Nah untuk anda yang memiliki duduk kasus diatas saya memiliki beberapa tipsnya :

1. Atur ketinggian layar

Aturlah ketinggian layar monitor komputer atau laptop anda. Saya sarankan anda mengatur ketinggian layar monitor tersebut dengan ketinggian 2 hingga 5 cm lebih rendah dari mata kalau . Sebab hal ini dapat mengurangi stres pada kornea mata yang kita tahu bahwa kornea merupakan serpihan mata yang vital jika terkena radiasi cahaya.

2. Kurangi kecerahan monitor

Sinar pada layar monitor sangat mempengaruhi fleksibilitas mata, oleh alasannya yaitu ialah itu kurangi kecerahan sinar pada layar monitor tersebut. Jika anda memandang layar tersebut selama berjam-jam jangan memaksakan untuk mencerahkan layar dengan kecerahan maksimal. Anda harus menyeimbangkan cahaya pada layar monitor anda agar seimbang dengan cahaya lampu dan tidak lebih terperinci dari cahaya lampu di sekitar ruangan anda.

3. Istirahatkan sejenak mata anda

Jangan paksakan mata anda untuk melihat terus ke layar monitor. Biarkan kemampuan kemudahan mata Anda kembali rileks ibarat semula. Hal ini agar mencegah kelelahan yang timbul dari mata anda. Caranya sangat praktis yaitu alihkan perhatian mata anda ke sebuah objek yang agak jauh agar untuk menyeimbangkan kemampuan kemudahan mata anda. Tidak harus jauh- jauh cukup objek dengan jarak 5-10 meter saja selama 20 menit.

4. Biarkan mata berkedip sejenak

Ketika anda fokus untuk konsentrasi pada layar monitor anda, disadari atau tidak pasti anda akan jarang sekali berkedip. Menurut penelitian oleh para ilmuwan sesuai survei standar mata sehat ialah mata yang berkedip tidak kurang dari 15.000 kali kedipan. Oleh alasannya yaitu ialah itu, kalau anda fokus di depan layar, sebaiknya sempatkan waktu untuk mata berkedip. Mata yang berkedip akan memproduksi suatu cairan mata yang berfungsi mencegah mata kering.

Nah itulah empat tips sederhana yang sanggup saya sampaikan untuk anda yang memiliki kesibukan aktivitas dalam menghabiskan waktu anda di depan layar monitor. Semoga keempat tips sederhana tadi bermanfaat bagi anda semua agar mata anda tetap normal dan tidak menjadikan penyakit mata minus, mata plus, dan lain sebagainya. Salam blogger semua dari saya, dinantikan follow dan komentarnya ya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menjaga Kesehatan Mata Di Depan Komputer"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *