Mono-Q Ayam Kampung Unggul Orisinil Tubaba

loading...

Badan Usaha Milik Tiyuh (BUMT)  kini makin berkembang di Kabupaten Tulang Bawang Barat.  BUMT ini didirikan sebagai upaya memperkuat ekonomi tiyuh/kampung dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sebenarnya banyak sekali jenis BUMT yang ada di Kabupaten Tulang Bawang Barat, namun BUMT yang terletak di komplek ruko L blok A. 1 Tiyuh Pulung Kencana Kecamatan Tulang Bawang Tengah ini yang manarik untuk saya bahas. 

BUMT Mandiri Bersama kabupaten Tulang Bawang Barat memproduksi ayam kampung unggul orisinil Tubaba yang diberi nama Mono-Q.  Ayam kampung unggul ini telah menerima Lisensi dari Badan Litbang Ternak Kementerian Pertanian Republik Indonesia. 

Untuk pengembangan BUMT ini, pembesaran ayam kampung dilakukan secara kemitraan dengan masyarakat. Semua warga Tubaba berhak menjadi kawan dengan syarat yang telah di tentukan oleh BUMT. Dalam kemitraan itu pihak BUMT akan menyerahkan anak ayam yang telah berumur 15 hari kepada masyarakat yang menjadi kawan yang bertujuan untuk mengurangi resiko kematian, yang lalu anak ayam tersebut akan di rawat di masing-masing sangkar milik kawan BUMT. 

Selain menyebarkan kemitraan dalam bidang ayam kampung unggul Tiyuh Mandiri Bersama juga menyebarkan produk telur ayam kampung. 

Bpk Umar Ahmad selaku Bupati Tulang Bawang Barat mengatakan, dengan produksi awal sekitar 2.000 sampai 3.000 ekor perminggu,  dibutuhkan pada tahun 2017 akan bisa menghasilkan 1juta ekor ayam unggung di kabupaten Tulang Bawang Barat.

Untuk kini ini BUMT Tiyuh Mandiri telah menjalankan aneka macam unit perjuangan di ataranya :
1. Unit pembibitan ayam kampung unggul yang berlokasi di tiyuh Gunung Katun kecamatan Tulang Bawang Udik.  Ditargetkan menghasilkan 6.000 ekor pada tahun 2016.
2. Unit penetasan telur di Tiyuh Kagungan Ratu kecamatan Tulang Bawang Udik, dengan kapasitas penetasan 5.000 butir telur per 3 hari.
3. Unit Pembesaran ayam kampung di Tiyuh Penumangan Baru Kecamatan Tulang Bawang Tengah, dengan sangkar kapasitas 10.000 ekor.
4. Unit kemitraan dengan kapasitas panen 1.000 ekor sampai 3.000 ekor /minggu.

Mudah mudahan isu ini bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mono-Q Ayam Kampung Unggul Orisinil Tubaba"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *