Megahnya Islamic Center Tulang Bawang Barat

loading...


Kabupaten Tulang Bawang Barat mempunyai sebuah Komplek aktivitas keagamaan dan aktivitas lainnya, kompleks yang dinamai Komplek Dunia Akhirat ini diresmikan oleh Menteri Agama Republik Indonesia Drs. Hi. Lukman Hakim Saifudin  pada tanggal 11 Oktober 2016. Acara pelantikan diisi dengan prosesi adat, pawai budaya, pentas teater, pembacaan karya sastra, loka karya penulisan sastra, ekspo foto dan lukisan serta pelantikan nama Balai Adat dan Masjid Agung Islamic Center.

Kegiatan Selamatan budaya dihadiri juga oleh seniman dan sastrawan nasional  ibarat Hanafi (pelukis) Afrizal Malna (sastrawan) serta Master Sastra Lampung Isbedy Stiawan. tampil pula meramaikan program karya-karya seni dari para pelajar dan seniman Tubaba yang benuansa keraifan lokal Tulang Bawang Barat.



Masjid yang mempunyai Desain Unik ini diberi nama Masjid Baitus Shobur, bangunanya berdampingan dengan bangunan yang tidak kalah megah yaitu Sesat Agung Tubaba. Menurut Bupati Tulang Bawang Barat "Umar Ahmad" Bangunan masjid memang sengaja dibentuk tidak cukup besar namun mempunyai bentuk yang unik, ukuran bangunan 34 x 34 M melambangkan jumlah sujud Sholat wajib umat Muslim yaitu 24 kali, dengan di topang 114 pilar yang menerangkan ayat Al-Qur'an kitab suci umat Muslim yang berjumlah 114 surat. Masjid Baitus Shobur mempunyai tinggi 30 M yang melambangkan 30 Jus dalam Al-Qur'an dan dibangun dengan kubah persegi lima atau mempunyai 5 sisi sebagaimana sholat umat muslim yaitu 5 waktu dalam sehari semalam. dibagian atap terdapat 99 lobang yang sanggup memacarkan cahaya matahari sebagaimana 99 cahaya Asmaul Husna.

Masjid Agung Baitus Shobur dan Sesat Agung Bumi Gayo yakni simbol pujian masyarakat Tulang Bawang Barat. selain bentuknya yang unik lokasi disekitar komplekpun dibentuk senyaman mungkin biar banyak pengunjung yang betah berada di kompek ini. kedepanya dibutuhkan komplek ini akan menjadi sentra aktivitas keagaaman dan bukan hanya masyarakat sekitar Tubaba saja yang sanggup menikmatinya namun pengunjung dari kawasan lain  juga bahagia menikmati suasana di komplek ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Megahnya Islamic Center Tulang Bawang Barat"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *