Manfaat Dan Khasiat Kulit Manggis Untuk Mencegah Kanker

loading...
Google Image: radarpekalongan.co.id
Buah manggis atau Garcinia mangostana yakni buah yang selama ini dikenal masyarakat dengan buah yang memiliki warna permukaan ungu dan dilapisi oleh kulit yang sangat tebal. Buah ini sangat banyak hidup di daerah tropis. Selama ini masyarakat pada umumnya sangat gemar mengkonsumsi buah ungu yang satu ini. Karena diketahui buah ini kaya zat antioksidan dan nutrisi lainnya. Tetapi, apa yang masyarakat selama ini lakukan pada kulitnya?

Ternyata kulit buah manggis selama ini hanya dianggap sampah dari belahan manggis tersebut oleh masyarakat secara umum.

Namun tak disangka bahwa menurut penelitian oleh para ilmuwan, kulit buah manggis ternyata banyak mengandung suatu senyawa yang sanggup mencegah terjadinya perkembangan sel kanker di dalam tubuh. Zat yang terdapat di dalam kulit buah manggis tersebut yakni senyawa xanthone. Dalam kulit buah manggis senyawa xanthone ini merupakan senyawa yang terbanyak dari sekian banyak senyawa di kulit buah manggis. Kadar xanthone di dalam kulit buah manggis sekitar 123,97 mg/ml.  Dengan komposisi kadar setinggi itu, kulit buah manggis sanggup berfungsi untuk membunuh penyakit dan juga sanggup untuk melindungi sel- sel tubuh agar tidak rusak serta sanggup memperbaiki sel- sel tubuh yang telah rusak.Xanthone merupakan
senyawa yang tergolong sebagai substansi kimia alami yang termasuk senyawa polyhenolic.Selain yang saya sebutkan di atas, senyawa xanthone juga bermanfaat dalam pengobatan penyakit jantung, penyakit ateroskeloris, hipertensi, dan trombosis.

Selain penyakit- penyakit tersebut, kulit buah manggis juga berfungsi dalam pencegahan perkembangan sel kanker di dalam tubuh manusia. Penelitian yang dilakukan oleh Dr. Agung Endro Nugroho berhasil menyimpulkan bahwa xanthone yang terdapat pada kulit manggis, mengandung senyawa- senyawa ibarat alfa-mangostin, gamma mangostin, dan juga garsinon-E yang dikenal oleh para ilmuwan merupakan senyawa- senyawa yang memiliki pengaruh farmakologis.Derivasi senyawa xanthone tersebut ternyata sanggup dalam mencegah perkembangan sel kanker.Peneliti yang lain asal Jepang yang dilakukan oleh Yukihiro Akao sanggup menyimpulkan bahwa bahwa senyawa alfa- mangostin dalam kulit manggis sanggup mengendalikan sel- sel kanker yang berkembang cepat di dalam tubuh manusia. Mekanisme kerja dari alfa mangostin ini disebut pengendalian apoptosis.Selain itu, alfa mangostin juga sanggup mengaktifkan sistem kekebalan tubuh insan atau imun dalam melawan antigen yang sanggup mengakibatkan penyakit terutama penyakit kanker.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Dan Khasiat Kulit Manggis Untuk Mencegah Kanker"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *