Cara Mencegah Gagal Ginjal

loading...
Google Image: hellosehat.com
Di dunia ini, khususnya di Indonesia banyak sudah orang yang sudah mengalami penyakit gagal ginjal. Penyakit gagal ginjal merupakan penyakit yang disebabkan oleh kegagalan nefron ginjal dalam memproses nutrisi di dalam darah dikala melewati ginjal. Gagal ginjal mengakibatkan seseorang yang sudah menjadi korban untuk menjalani perawatan medis. Perawatan medis ini secara umum dilakukan menggunakan mesin dialisis atau biasa disebut basuh darah.

Namun untuk mencegah kemungkinan tersebut ada beberapa tips yang saya akan bagi ke sahabat semua untuk mencegah gagal ginjal. Nah silahkan simak baik- baik tips cara mencegah gagal ginjal di bawah ini.

1. Mengontrol tekanan darah

Tekanan darah yang bersifat kronis mengakibatkan terjadinya gagal ginjal akut pada laki- laki dan perempuan. Untuk itu sebelum terlambat hal ini harus dilakukan dan sering tanyakan ke dokter perihal duduk perkara tekanan darah.

2. Mengkonsumsi bawang putih

Bawang putih memang merupakan salah satu masakan yang sanggup menurunkan tekanan darah dengan sangat cepat. Tetapi disamping itu, bawang putih ternyata juga berfungsi dalam mencegah penggumpalan darah di dalam tubuh. Oleh karena itu mengkonsumsi bawang putih di bawah pengawasan dokter sanggup dilakukan asalkan tidak melebihi dosis.

3. Berhenti merokok

Asap rokok yang mengandung zat nikotin, selain berbahaya bagi paru- paru dan jantung, ternyata juga berdampak negatif pada ginjal. Karena asap rokok tersebut bila terakumulasi di dalam ginjal akan mengakibatkan tekanan darah kronis dan juga akan mengakibatkan serangan gagal ginjal.

4. Berhenti minum alkohol

Menurut penelitian, minuman yang mengandung alkohol sangat beresiko dalam meningkatkan tegangan pada nefron ginjal. Oleh karena itu mengurangi atau berhenti minum alkohol akan meminimalisir terjadinya serangan gagal ginjal.

5. Pemeriksaan urin dan darah secara teratur

Kunjungi dokter di klinik atau rumah sakit yang menyediakan kemudahan pemeriksaan urin dan darah. Jangan menyepelekan hal ini. Karena pemeriksaan ini berfungsi dalam mengontrol dan mengetahui kinerja ginjal apakah terdapat gangguan atau tidak. Orang sering menyepelekan hal ini karena belum mencicipi tanda-tanda tanda-tanda gagal ginjal.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mencegah Gagal Ginjal"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *