Proposal Pertanian Pertolongan Pengadaan Hand Tractor

loading...
Assalamualaikum Wr.Wb. 
Kali ini saya akan menuliskan rujukan proposal pertanian derma pengadaan hand traktor. 


PROPOSAL


BANTUAN PENGADAAN HAND TRACTOR




KELOMPOK TANI TIMBUL RAHARJA
DESA .................................
NO. REG. : ............................

 




















DINAS PERTANIAN PERKEBUNAN DAN PERHUTANAN
KABUPATEN ...............................
TAHUN 2015


KELOMPOK TANI TIMBUL RAHARJA
DESA ..............
KECAMATAN ...............................KABUPATEN ............................
NO. REG. : ................................
 



Nomor           :  -
Lampiran       : -
Perihal           : Permohonan Bantuan Pengadaan Hand Tractor


Kepada Yth.
Bapak Bupati ...........................
c.q Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan
Kabupaten ...........................
di
.....................................


Salah satu permasalahan yang dihadapi olen petani ialah faktor keterbatasan dalam pengolahan lahan pertanian. Selama ini petani dalam menggarap tanah pertaniannya masih memakai alat tradisional dan pemanfaatan ternak sapi, sehingga masih belum sanggup maksimal dalam  pengerjaannya atau hasil yang diperoleh.

Sehingga dibutuhkan suatu perjuangan yang sanggup menuntaskan permasalahan tersebut. Dengan penggunaan mesin atau Hand Tractor maka akan mernpermudah dalam pengolahan tanah pertanian (intensifikasi tenaga kerja) dan juga pada kesannya sanggup meningkatkan hasil produksinya. Untuk itu Kelompok Tani Timbul Raharja Desa..................Kecamatan ..................Kabupaten ...................mengajukan permohonan pengadaan Hand Traktor.

Demikian permohonan ini kami buat dengan keinginan sanggup terkabul. Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.




PPL Desa...............





Nama Terang
................, 10 November 2015
Ketua
Kelompok Tani Timbul Raharja





Nama Terang


LEMBAR PENGESAHAN



1.      Judul                                   : Bantuan Pengadaan Hand Tractor
2.      Jumlah Usulan Bantuan   :  1 (satu) Unit Mesin Hand Tractor
3.      Contact Person                  :  -
Nama                                  :  ...........................
Jabatan                                :  Ketua Kelompok Tani Timbul Raharja
                                                Kec. Tulang Bawang Udik Kab. Tulang Bawang Barat
Telepon                              :  -
Fax                                       :  -
E-Mail                                 :  -
Hp                                       :   ............................


PPL Desa...............





Nama Terang
................, 10 November 2015
Ketua
Kelompok Tani Timbul Raharja





Nama Terang



Mengetahui,
Kepala Desa...........





.....................................


I.  PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang
Kabupaten ............................merupakan daerah otonomi gres sesuai dengan UU Nomor 50 tahun 2009 dengan luas wilayah .............Ha, terbagi atas 8 kecamatan. 77 kampung dengan jumlah penduduk 262.902 jiwa. Kabupaten ....................mempunyai potensi sangat besar untuk membuatkan perjuangan dibidang pertanian, perkebunan, peternakan dan kehutanan yang terutama didukung dengan potensi wilayah yang cukup luas. yang belum dimanfaatkan secara optimal.

Desa ................... ialah salah satu Desa yang berada di wilayah kecamatan .................Kabupaten .......................... Luas wilayah Kampung .....................yaitu sekitar 2803 Ha. yang terdiri dan 8 RK dengan jumlah penduduk sekitar 3870 jiwa. Dan luas wi1ayah tersebut masih terdapat sekitar 5.000 Ha luas tanah yang belum tergarap secara intensif yang dikarenakan beberapa faktor.

Kabupaten ........................merupakan salah satu pusat daerah perkebunan dan pertanian. Sa1ah satu hambatan yang dihadapi oleb para petani dalam system pertaniannya yaitu faktor tenaga kerja dalam pengolahan tanah. sehingga melalui kealatan ini maka permasalahan tenaga kerja sanggup teratasi yaitu dengan memakai Hand Tractor sehingga pada kesannya hasil pertanian sanggup meningkat dan Kabupaten Tulang Bawang Barat sanggup menjadi salah satu daerah pusat tanam pertanian dan perkebunan pada umumnya.
B.     Tujuan
Tujuan pembangunan dimasa mendatang adalab mewujudkan pertanian yang terpadu yaitu pertanian yang maju. teknologi, efisien dan tangguh, kompetitif, berdikari dan berkelanjutan yang sekaligus bisa memberdayakan ekonomi rakyat khususnya di pedesaan. Pemanfaatan teknologi harus diprioritaskan dalam sistem pertaniannya, sehingga sanggup meningkatkan efisiensi dalam administrasi pertaniannya.
C.    Sasaran
Sasaran dari usulan acara Bantuan Pengadaan Hand Tractor ini ialah :
1.      Meningkatkan jumlah luas lahan yang diolah untuk pertanian, yaitu melalui ekstensifikasi sistem pertanian.
2.      Dengan penggunaan alat-alat mesin dalam sistem pertanian maka faktor yang sangat penting yaitu faktor tenaga kerja sanggup teratasi, yaitu salah satunya dengan penggunaan Hand Tractor.
3.      Meningkatkan Jumlah Hasil Pertanian.


II. POTENSI DAN AGROEKOSISTEM

A.    Deskripsi Lokasi
Kabupaten .........................merupakan Daerah Otonomi Baru (DOB) hasil pemisahan dari Kabupaten ..........................berdasarkan UU No. 59 2009, dengan luas wilavah 112.175 Ha terbagi atas 8 Kecamatan dan 77 Kampung. Dengan luas wiLayah tersebut, Kabupaten .........................merupakan daerah yang sangat potensi untuk pengembangan perjuangan pertanian. perkebunan, peternakan dan kehutanan. Yang terutama didukung dengan potensi wilayah yang cukup luas. yang belum dimanfaatkan secara optimal dan faktor sumber daya insan yang ada merupakan perpaduan antara penduduk orisinil dan penduduk ekstransmigran yang populer ulet dan tekun bekerja keras.

Desa .................adalah salah satu desa yang berada di wilayah Kecamatan ......................Kabupaten ............................. Luas wilayah, Desa ..................yaitu sekitar 2803 Ha yang terdiri dan 8 Rukun Keluarga (RK) dengan jumlah penduduk sekitar 3870 jiwa. Dan luas wilayah tersebut masih terdapat sekitar 5.000 Ha luas tanah yang belum tergarap secara intensif yang dikarenakan beberapa faktor, yaitu salah satunya faktor tenaga kerja. Dengan adanya derma Hand Traktor diharapkan sanggup mengatasi permasalahan faktor tenaga kerja.

B.     Potensi Sumber Daya Alam
Kabupaten ....................... sampai dikala ini masih memiiki lahan sawah dan lahan kering (tegalan) diberbagai agroekosistem yang belum dimanfaatkan secara optimal untuk sistem pentanian dan perkebunan, diantaranya tidak kurang dan 5.000 Ha Selain itu pada areal perkebunan masih relative kurang dalam pemanfaatannya untuk flora pangan. Dengan potensi lahan yang masih belum dimanfaatkan tersebut, maka Kabupaten ..................... sangat berpotensi sebagai pusat flora pangan dan perkebunan.


C.    Permasalahan
Permasalahan :
a.       Kelompok Tani/Petani belum memiliki modal yang cukup untuk menerapkan perjuangan pertanian secara terpadu dan benteknologi. sehingga hasil pertanian yang diperoleh belum sanggup maksimal.
b.      Faktor tenaga kerja merupakan faktor utama permasalahan yang berada di lapangan, selama ini tenaga kerja dilakukan dengan memanfaatkan tenaga insan dan ternak dalam pengolahan tanahnya sehingga masih hanyak faktor pembatas dalam perjuangan pertaniannya, sehingga dengan penggunaan hand tractor diharapkan sanggup mengatasi kasus tenaga kerja khususnya dalam pengolahan tanah.

Penggunaan alat-alat mesin pertanian dalam hal ini mesin Hand Traktor diharapkan sanggup mengatasi permasalahan yang ada dilapangan, yaitu terutama kasus tenaga kerja. sehingga pada akhimya sanggup meningkatkan hasil pertaniannya.


III.  RINCIAN KEGIATAN DAN ANGGARAN

A.    Rincian Kegiatan Dan Kebutuhan Anggaran
Pada acara permohonan derma pcngadaan mesin hand Tractor pada kelompok Tani Timbul Raharja di titik beratkan pada derma pengadaan mesin Hand Tractor dari Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan sebanyak satu (I) buah. Adapun mesin Hand Traktor tersebut diperuntukkan dan dikelola oleh Kelompok Tani TIMBUL RAHARJA Kampung ......................Kecamatan .....................Kabupaten .......................

B.     Indikator Kinerja
Hasil yang diharapkan dari acara permohonan derma pengadaan mesin Hand Tractor pada Kelompok Tani TIMBUL RAHARJA ini ialah mengatasi keterbatasan sumber tenaga kerja pada system pertaniannya khususnya kasus tenaga kerja untuk pengolahan tanah (intensifikasi tenaga kerja) dan pada kesannya sanggup meningkatkan hasil produksi pertanian.

C.    Keberlanjutan Kegiatan
Kegiatan ini diharapkan sanggup menjadi pilot project di bidang pertanian dan perkebunan di Kampung .......................Kecamatan .......................Kabupaten ....................... sehingga dalam hal ini pelatihan secara intensif dan berkelanjutan terus dilaksanakan oleh Satuan Kerja Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten ......................., pemerintah Deas dan Kecamatan dan dilaksanakan bahu-membahu masyarakat petani/kelompok tani.


IV. PENUTUP

Kabupaten .......................merupakan daerah otonomi gres yang masyarakatnya sangat antusia ingin mewujudkan pembangunan di segala bidang termasuk sektor pertanian dan perkebunan dan hal ini tidak lepas dari tugas satuan kerja Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten ........................ Kelompok Tani TIMBUL RAHARJA sangat mendukung sekali program-program yang dilakukan oleh dinas terkait dalam hal ini Dinas Pertanian. Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten .......................dalam mentransformasikan ilmu dan teknologi di bidang pertanian.

Besar keinginan kami biar sanggup terkabul permohonan ini dan atas kerjasamanya kami ucapkan banyak terima kasih.





KELOMPOK TANI TIMBUL RAHARJA
DESA ..............
KECAMATAN ...............................KABUPATEN ............................
NO. REG. : ................................
 




SUSUNA PENGURUS DAN ANGGOTA

Ketua                                     :  ..........................
Sekretaris                   :  ..........................
Anggota                     :  20 orang
Seksi-seksi                 :
1.      Seksi Peternakan
-  ..........................
2.      Seksi Perkebunan
-  ..........................
3.      Seksi Humas
-  ..........................
4.      Seksi Pemasaran
-  ..........................


PPL Desa...............





Nama Terang
................, 10 November 2015
Ketua
Kelompok Tani Timbul Raharja





Nama Terang

Mengetahui,
Kepala Desa...........






.....................................


Demikian rujukan proposal kelompok tani pengajuan hand traktor. semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Proposal Pertanian Pertolongan Pengadaan Hand Tractor"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *