Manfaat Semangka Untuk Kesehatan

loading...
Google Image: nakita.grid.id
Semangka atau Citrullus lanatus merupakan buah yang tanamannya merambat di permukaan tanah. Tanaman yang selama ini sering dikonsumsi untuk jus atau dikonsumsi sebagai buah oleh banyak orang ini, ternyata banyak mengandung nutrisi yang sangat banyak yang diharapkan oleh tubuh manusia. Selain dikenal sebagai buah dengan biji yang banyak, semangka juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut ini Saya akan menjelaskan wacana manfaat semangka untuk kesehatan.

1. Mencegah tekanan darah tinggi dan Stroke

Di dalam tubuh buah semangka banyak terkandung kalium yang bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah. Selain itu, kandungan karetenoid juga mampu mencegah pengerasan pada dinding arteri dan dinding vena, sehingga baik dikonsumsi setelah makan.

2. Menjaga kesehatan ginjal

Buah semangka juga berfungsi dalam menjaga kesehatan ginjal. Dikarenakan menurut penelitian, buah semangka memiliki banyak zat kalium yang berfungsi dalam membersihkan racun-racun pada ginjal. Selain itu, buah semangka juga berfungsi menurunkan kadar asam urat yang terdapat di dalam darah. Sehingga akan mengurangi resiko pembentukan batu ginjal dalam organ ginjal.

3. Antioksidan

Buah semangka sangat banyak mengandung zat antioksidan yang biasa disebut zat likopen. Likopen merupakan zat yang berfungsi dalam menangkal radikal bebas yang tidak terkendali dari lingkungan sekitar. Radikal bebas itu mampu disebabkan karena polusi, daya tahan tubuh menurun atau mampu juga  disebabkan karena rujukan makan yang tidak teratur. Jika tidak terdapat antioksidan maka tubuh anda akan praktis terserang penyakit terutama yang paling berbahaya yakni penyakit kanker.

4. Mencegah Sariawan

Buah semangka bukan hanya untuk penyakit yang berhubungan dengan penyakit berat saja, ternyata penyakit sariawan pun mampu dicegah dengan buah semangka. Hal ini dikarenakan buah semangka banyak  mengandung vitamin dan air. Karena pada dasarnya, sariawan merupakan penyakit yang disebabkan karena kuman yang berkembang karena ekspresi kering. Nah kandungan air pada semangka inilah yang berfungsi dalam mencegah kuman yang berkembang.

5. Bermanfaat untuk ibu hamil

Selain manfaat untuk mencegah penyakit, buah semangka juga bermanfaat sebagai masakan yang kondusif dikonsumsi ibu hamil. Karena semangka berfungsi untuk mengurangi rasa mual. Selain itu, mampu juga bermanfaat dalam meningkatkan perkembangan otak dan sistem imun janin yang sedang berkembang didalam perut si ibu.

Nah sekian dulu artikel dari manfaat semangka untuk kesehatan. Semoga artikel mengenai manfaat semangka untuk kesehatan ini bermanfaat untuk dijadikan rujukan kesehatan. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa komentar dan follownya ditunggu ya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Semangka Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *